Rest day? memang perlu?

gym, health, sports -

Rest day? memang perlu?

We are back! Terrelpedia adalah sebuah kolaborasi antara Terrel Sportswear dengan Saling Jaga. Kami selaku brand yang berkecimpung dalam dunia olahraga tentu ingin memberikan sedikit kontribusi baik itu berupa tips latihan ataupun dari sisi edukasi.

Dengan Saling Jaga, sebuah media yang aktif memberikan edukasi tentang healthy lifestyle yang dikelola oleh dr. Nadira Susilo, kami berkolaborasi untuk memberikan berbagai macam edukasi dalam dunia olahraga tapi dengan bantuan sudut pandang dari dunia medis. Untuk postingan perdana ini, kita mau share tentang pentingnya istirahat.

Semoga bisa memberikan manfaat dan selamat membaca!

 

REST DAY?MEMANG PERLU??!

   Olahraga merupakan salah satu bagian dari menjaga Kesehatan. Selain menjaga Kesehatan, biasanya teman-teman berolahraga untuk menurunkan berat badan atau membentuk badan. Apalagi #TerrelSquads tentu semangat olahraganya tinggi, mungkin saking semangatnya olahraga nya dilakukan setiap hari. Adakah yang seperti itu?

  Punya semangat olahraga tentu bagus teman-teman. Tapi, jangan lupa menyisipkan istirahat atau yang juga familiar dikenal dengan rest day atau recovery daydi program latihan teman-teman. Kenapa sih perlu?

1. Pemulihan

 

Di saat rest day, sebuah sel dalam tubuh bernama fibroblast bekerja     memperbaiki otot yang “rusak” ketika menjalani program latihan. Selain itu, disaat rest day, otot mengisi cadangan karbohidrat dalam bentuk glikogen untuk menjadi sumber energi saat berolahrga selanjutnya sehingga performa saat olahraga selanjutnya akan lebih optimal lagi.

2. Mencegah Muscle Fatigue

Rest day diperlukan untuk mencegah exercise-induced fatigue.Pelru diingat bahwa olahraga mengurangi cadangan glikogen di otot. Jika cadangan glikogen ini tidak diganti, maka akan muncul muscle fatigue dan soreness (kelelahan otot dan nyeri otot).

3. Mencegah cedera

Olahgara atau latihan yang terlalu berlebihan memicu ototstress dan cedera. Hal ini beresiko menimbulkan cedera akibat otot yang digunakan secara berlebihan sehingga rest day atau istirahat akan lebih lama dari yang direncanakan.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga membantu tidur agar lebih berkualitas, begitupula saat rest day. Aktivitas fisik meningkatkan hormone seperti adrenalin dan kortisol yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Olahraga yang berlebihan akan memproduksi hormon-hormon tersebut secara berlebihan sehingga teman-teman akan kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga akan memicu kelelahan. Rest day membantu memperoleh tidur yang berkualitas dengan menjadikan hormon-hormon tersebut diproduksi secara normal.

 

Sumber:

  1. Nunez, Kristen.2019. “Are Rest Days Important For Exercise?”

https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/rest-day#benefits

  1. Fletcher, Jenna.2021. “When and how to spend a rest day?”

https://www.medicalnewstoday.com/articles/rest-day